Sunday, September 13, 2015

Balong Keramat Darmaloka



Wisata Balong Keramat Darmaloka 

Di artikel awal saya menulis mengenai tempat-tempat wisata apa saja sih yang ada di Kuningan Jawa Barat, yang saya beri judul:  Info Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat. Nah di artikel ini saya akan menuliskan sedikit lebih detil mengenai wisatanya.

Objek wisata Balong Keramat Darmaloka yang total luas area nya sekitar 3 ha masih tergolong  wisata alam dimana   banyaknya pepohonan tropis yang rindang dan pemandangan alam yang asri, sejuk dan indah ditambah dengan adanya lima kolam (balong) keramat yang jernih airnya yang berasal dari sumber mata air gunung ciremai dimana didalam kolam tersebut terdapat ikan kancra bodas (ikan dewa). Lima balong tersebut adalah Balong Ageung, Balong Bangsal, Balong Beunteur, Bale Kambang, dan Balong Panyipuhan (kolam sumber air Cibinuang).
Di Objek wisata Darmaloka ini juga terdapat makam Syekh Rama Gusti yang konon ditugaskan untuk menyebarskan agama Islam oleh Walisanga di daerah tersebut. Makanya di objek wisata ini biasanya banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah hanya untuk berjiarah ke makam Syekh Rama Gusti.
Disini juga terdapat kolam renang modern untuk dewasa dan anak-anak sehingga menambah suasana objek wisata ini lebih menyenangkan. Apalagi ditambah dengan suasana udaranya yang dingin dan menyejukan.


Lokasi :
Desa Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan, berjarak sekitar 13,5 KM dari ibu kota Kabupaten Kuningan ke arah selatan.

Jarak / Waktu tempuh masuk ke lokasi dari jalan raya ke lokasi :
Kendaraan    : ± 5 menit
Jalan kaki     : ± 10 menit

Itulah sekilas tentang Objek Wisata Balong Keramat Darmaloka, semoga sedikit banyaknya bisa membantu dan membuat anda mempunyai gambaran tentang Objek Wisata ini.

Info Tambahan :
Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada di kuningan yang tidak kalah menariknya yaitu Objek Wisata Linggarjati, Gedung Perundingan Linggarjati, Objek Wisata Sangkanhurip, Objek Wisata Cibulan, Curug Sidomba Kuningan, Museum Taman Purbakala Cipari, Wisata Cipaniis Kuningan, Lembah Cilengkrang,  Palutungan dan Curug Ciputri Kuningan, Wisata Waduk Darma, Balong Keramat Darmaloka, Museum Purbakala Cipari, Wisata Ikan Dewa Cigugur, Objek Wisata Talaga Remis.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.