Saturday, September 12, 2015

Objek Wisata Cibulan



Objek Wisata Cibulan dan Sumur Tujuh

Di artikel awal saya menulis mengenai tempat-tempat wisata apa saja sih yang ada di Kuningan Jawa Barat, yang saya beri judul:  Info Tempat Wisata Kuningan Jawa Barat. Nah di artikel ini saya akan menuliskan sedikit lebih detil mengenai wisatanya.

Objek Wisata Cibulan dan Sumur Tujuh ini merupakan objek wisata yang menurut cerita masyarakt sekitar konon merupakan peninggalan dan petilasan Prabu Siliwangi dan merupakan objek wisata tertua yang ada di Kuninga, didalamnya terdapat tujuh sumber mata air yang lebih dikenal dengan nama sumur tujuh (Sumur Kejayaan, Kemulyaan, Pengabulan, Cirancana, Cisadane, Kemudahan dan Sumur Keselamatan) dan dari ketujuh sumur tersebut ada satu sumur yang didalamnya terdapat kepiting emas yang dipercaya apabila melihat wujud kepiting emas tersebut segala keinginannya akan terkabul. Sumur tersebut adalah sumur Cirancana.

Sebelum menuju ke lokasi sumur tujuh, anda akan melewati dua kolam besar yang biasnya dipakai untuk berenang bersama keluarga dan lainnya yang berukuran 35 x 15 m2 dengan kedalaman sekitar 2 meter dan kolam berukuran 45 x 15 m2 dengan kedalaman yang berbeda yaitu 60 cm dan 120 cm. Dan di tempat wisata ini pun dikenal dengan ikan dewa nya yang disebut kancra bodas berwarna abu-abu kehitaman yang sangat bersahabat dimana anda bisa memberi makan dan menangkap ikan dan juga berpoto dengan ikan tersebut tapi perlu diingat tidak boleh mengganggu atau melukainya juga dibawa pulang karena menurut cerita akan mendatangkan kemalangan apabila kita mengganggu dan memakannya dan menurut cerita dulunya ikan-ikan tersbut adalah prajurit-prajurit yang dikutuk oleh Prabu Siliwangi karena tidak setia dan membangkang. Di tempat ini pula terdapat tempat untuk rileksasi kaki yaitu tempst terapi ikan dewa.



Lokasi :
Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana, 7 Km dari kota Kuningan ke arah Utara, atau sekitar 28 KM dari Kota Cirebon menuju Selatan.

Phone :
(0232) 614045
 
Jarak / Waktu tempuh masuk ke lokasi dari jalan raya ke lokasi :
-          Kendaraan ± 5-10 menit
-          Jalan kaki ± 20-30 menit.

Fasiltas :
-          Kolam Renang
-          Kamar ganti pakaian
-          Sumur Tujuh (7 sumber mata air)
-          Terapi Ikan Dewa
-          Kedai makanan dan Jajanan
-          Taman dan Gazebo
-          Mushola
-          Toilet
-          Parkir

Harga Ticket :
Khusus liburan   : Rp. 15.000,-
Hari biasa            Rp. 10.000,-

Itulah sekilas tentang Objek Wisata Cibulan dan Sumur Tujuh, semoga sedikit banyaknya bisa membantu dan membuat anda mempunyai gambaran tentang Objek Wisata ini.

Info Tambahan :
Objek wisata kuningan terdekat lainnya adalah, Objek Wisata Linggarjati, Gedung Perundingan Linggarjati, Objek Wisata Sangkanhurip, Curug Si Domba

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.